Pengimbasan Budaya Positif di Lingkungan SMAN 1 Cawas, Klaten

Latar Belakang

Pembelajaran di sekolah akan berlangsung dengan baik jika didukung penerapan budaya positif. Dengan budaya positif, akan terwujud pembelajaran yang berpihak kepada siswa sehingga siswa bisa belajar dengan aman, nyaman, dan menyenangkan.  Untuk mendukung terwujudnya budaya positif di sekolah perlu adanya kerjasama dan pemahaman dari berbagai pihak mengenai konsep-konsep budaya positif. Di SMAN 1 Cawas belum semua guru paham tentang konsep-konsep budaya positif tersebut. Oleh karena itu, perlu dilakukan penguatan budaya positif salah satunya GLS di SMAN 1 Cawas dengan memberikan pemahaman kepada semua pihak yang ada di SMAN 1 Cawas.


Tujuan

Tujuan dari aksi nyata ini adalah menguatkan budaya positif sekolah yang sudah ada yaitu GLS sehingga lebih maksimal dan memberikan dampak yang semakin baik bagi perkembangan kemajuan sekolah dengan terwujudnya warga sekolah yang literat dan menghasilkan peserta didik yang unggul secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik.


Tolok Ukur

  • Tolok ukur keberhasilan kegiatan ini adalah:
  • Guru memahami konsep-konsep budaya positif.
  • Adanya produk budaya positif berupa karya-karya kreatif anak dan guru.

Linimasa Tindakan yang Akan Dilakukan

  • Membuat perencanaan kegiatan. 
  • Berkonsultasi dengan kepala sekolah.
  • Bekerja sama guru mata pelajaran.
  • Melaksanakan presentasi/sosialisasi.
  • Refleksi kegiatan.

Dukungan yang Dibutuhkan

  • Dukungan berupa izin pelaksanaan kegiatan dari kepala sekolah.
  • Dukungan dari rekan sejawat/guru.

Deskripsi Aksi Nyata

Langkah pertama yang dilakukan adalah merumuskan dan merencanakan kegiatan aksi nyata. Pada hari Senin, tanggal 30 Januari 2023, CGP berkomunikasi dan menyampaikan rencana kegiatan aksi nyata kepada Kepala Sekolah tentang sosialisasi budaya positif dengan melakukan diseminasi kepada rekan-rekan guru. Setelah mendapatkan izin dari Kepala Sekolah, CGP mempersiapkan rencana tindakan. Pertama adalah kegiatan pembuatan keyakinan kelas yang dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 31 Januari 2023 dan yang kedua menyusun persiapan kegiatan pengimbasan, meliputi pembuatan materi diseminasi dan yang dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 2 Februari 2023. Materi yang disampaikan oleh CGP pada diseminasi tersebut adalah materi Modul 1.4 tentang Budaya Positif, antara lain Disiplin Positif, Budaya Positif, Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi, 5 Posisi Kontrol Guru, dan Segitiga Restitusi. Kepala Sekolah beserta rekan guru sangat mengapresiasi dengan kegiatan diseminasi tersebut dan setelah mengikuti kegiatan seminar, rekan-rekan guru merasa senang dan bersemangat karena mendapatkan pengalaman dan pemahaman mengenai konsep-konsep budaya positif serta antusias untuk mengimplementasikannya di sekolah.

Dokumentasi Diseminasi :






0 $type={blogger} :

Post a Comment