Jurnal Refleksi Dwimingguan

Modul 2.1 Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid


FACTS (Peristiwa)

(Rabu, 8 Februari 2023) Melaksanakan Tes Awal Paket Modul 2 untuk mengawali kegiatan guru penggerak Modul 2.1 Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid.


(Rabu-Jumat, 8-13 Februari 2023)Melaksanakan pembelajaran pada LMS :

2.1.a.3. Mulai dari Diri : melaksanakan refleksi mandiri terkait penanganan keberagaman murid dalam pembelajaran.

2.1.a.4. Eksplorasi Konsep : melaksanakan eksplorassi konsep terkait modul 2.1 Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid dengan menuliskan note maupun pertanyaaan terhadap materi yang disajikan. Selain itu juga menuliskan pembelajaran berdiferensiasi dalam diagram frayer.


(Kamis, 9 Februari 2023) Melaksanakan Pendaampingan Individu kedua oleh PP Ibu Parjiyati sekaligus melaksanakan Diskusi Visi Perubahan Sekolah.


(Sabtu, 11 Februari 2023) Lokakarya 2 Guru Penggerak di SMKN 3 Klaten. Pada kegiatan lokakarya ini membahas terkait Prakarsa perubahan, segitiga restitusi, keyakinan kelas.


(Selasa-Rabu, 14-15 Februari 2023) Ruang kolaborasi 2.1.a.5 menganalisa kasus terkait pembelajaran berdiferensiasi pada kasus Pak Dharmawan selaku Guru SD bersama teman CGP satu kelompok. Pada hari berikutnya mempresentasikan hasil diskusi, di sini saya selaku bertugas sebagai penjawab soal.


(Kamis-Jumat, 16-17 Februari 2023) Menyusun Demonstrasi Kontekstual yang terdapat pada LMS 2.1.a.6 terkait Modul Ajar Pembelajaran Diferensiasi untuk kelas IV. Di sini saya menyusun RPP Bahasa Indonesia Materi Karya Tulis Ilmiah


(Senin, 20 Februari 2023) Menyusun Koneksi Antarmateri yang terdapat pada LMS 2.1.a.8. Disini saya menyusun koneksi antarmateri modul 2.1 terhadap modul 1 dalam bentuk info grafis.


Selama 2 minggu mempelajari modul 2.1- "Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid" memberikan pengetahuan baru pada diri saya. Saya mengetahui bagaimana seorang guru dalam memfasilitasi pembelajaran berdiferensiasi. Selain itu, saya memahami faktor-faktor yang diperlukan dalam menyusun modul ajar berdiferensiasi.


Diawal mempelajari modul 2.1 saya memang mengalami kesulitan terkait apa itu pembelajaran berdiferensiasi, awalnya saya menganggap bahwa dalam menyusun pembelajaran berdiferensiasi terlalu sulit karena harus mewadahi semua kesiapan belajar murid. Namun setelah memperlajari modul ini hingga selesai, saya mengetahui dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi terdapat strateginya yaitu strategi konten, proses dan produk.


FEELINGS (Perasaan)


Persaaan yang saya rasakan selama dua minggu pembelajaran di antaranya:


Tertarik untuk mempelajari pembelajaran berdiferensiasi beserta strategi penerapannya. Setelah menyelesaikan penugasan pada Demonstrasi Kontekstual, saya merasa tertarik untuk selalu menyusun modul ajar yang berasaskan pembelajaran berdiferensiasi.


Kagum ketika dapat sharing tentang pemecahan kasus dengan Faslitator dan teman-teman CGP lainnya di Ruang Kolaborasi. Selain itu, penguatan pada akhir sesi oleh PP Budi Setyo Utama menambah semangat dalam menjalankan penugasan-penugasan selanjutnya.


Semakin yakin dapat menerapkan pembelajaran diferensiasi dalam pembelajaran.


Gembira bertambah ketika mendapatkan penegasan terkait modul 2.1 oleh Instruktur  pada sesi Elaborasi.


Pembelajaran yang saya peroleh selama dua minggu ini di antaranya:


Mengenali dan memahami pembelajaran berdiferensiasi beserta aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam emmenuhi kebutuhan belajar murid.


Mengembangkan kemampuan untuk menyusun modul ajar dengan prinsip berdiferensiasi.


Memberikan pengetahuan baru terkait strategi pembelajaran berdiferensiasi beserta lingkungan belajar yang mendukungya.


Menambah wawasan terkait asesmen yang dapat diterapkan dalam pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran.


FUTURE (Penerapan)


Penerapan/tindakan yang bisa saya lakukan setelah melalui pembelajaran selama dua minggu ini diantaranya:


Menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dalam kelas yang saya ampu.


Mengembangkan lagi berbagai variasi pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai dengan kelas yang saya ampu melalui studi literatur maupun sharing praktik baik sesama guru yang telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.









0 $type={blogger} :

Post a Comment